salju

Diberdayakan oleh Blogger.

About us

RSS

Makanan khas papua



  


Papua ini memiliki makanan yang unik-unik dan enak lo.. ini sudah terbukti dari salah satu anggota kami yang pernah mencicipimua.. ^^ terutama papeda, rasanya unik dan bikin ketagihan (walaupun mirip2 lem bentuknya) untuk lebih jelasnya, simak post berikut ini :

1. Papeda



papeda bubur.jpg   Jangan keliru menyebut ‘sepeda’ ya, karena nama makanan khas Papua ini memang Papeda. Bahan dasarnya adalah tepung sagu, sebab pohon sagu memang banyak tumbuh di pulau cendrawasih itu.
Sagu merupakan makanan sumber karbohidrat, sehingga bisa dikatakan bahwa Papeda adalah pengganti nasi. Nilai gizinya juga tinggi.
Cara membuatnya susah-susah gampang. Namun rasa nya tidak diragukan lagi, menggugah selera. Ini karena memakan Papeda harus komplit dengan pelengkapnya, yaitu sayur dan ikan laut serta sambal pedas.(biasa disuguhkan dengan kuah ikan kuning)
Caranya, tepung sagu dibuat menjadi bubur dengan cara disiram dengan air mendidih. Sambil terus diaduk-aduk hingga sagu tersebut mengental, seperti membuat bubur sum-sum. Bedanya, Papeda tidak ditaruh di atas kompor.
Untuk menambah aroma, tepung sagu biasanya dibubuhi perasan jeruk nipis.
Sebagai pelengkap, Papeda segar sekali dimakan bersama sayur kangkung yang direbus atau ditumis. Ikan tongkol masak kuning dengan kuah yang banyak, berikut sambal, akan membuat selera makan makin tergugah.
Untuk yang belum biasa, mengkonsumsi Papeda akan sedikit sulit, karena teksturnya yang kenyal seperti lem, dan sulitnya menyendok bubur kenyal itu ke mulut.
Namun triknya adalah, gunakan sejenis sumpit untuk memutar dan menggulung, lantas lansung masukan ke mulut. Jangan dikunyah, namun langsung telan saja, seperti memakan bubur.
Dan dijamin Anda pasti akan ketagihan untuk kembali menikmati Papeda, yang memang menggugah selera.
2. Ikan Asap
04 ikan asap.jpg
 
 Ikan Asap biasa dari ikan tenggiri atau ikan tongkol yang dibakar dengan cara di asap saja. bakarnya agak lama sehingga ikan kering tapi tidak gosong, Biasa dimakan dengan sambal mentah atau kuah santan yang pedas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Meissy, Mery, Yindy & Yola mengatakan...

kereeeennnn ^^ infonya bikin ngiler ><

pikachu1223 mengatakan...

makasii... ^.^

Meissy, Mery, Yindy & Yola mengatakan...

yaa sama sama ^^

Stella Vessalius mengatakan...

yay! lambert post yg papua!

pikachu1223 mengatakan...

iya dong stel..

IBU SARTIKA DI KALIMANTAN mengatakan...

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Mbah Rawa Gumpala dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Mbah Rawa Gumpala bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 085-316-106-111 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Mbah dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Mbah untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah disini 💋Pesugihan Putih Tanpa Tumbal💋

Posting Komentar