salju

Diberdayakan oleh Blogger.

About us

RSS

Makanan khas Jawa Tengah


Jawa Tengah

Horok-Horok
Horok-horok adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung pohon aren. Horok-Horok adalah makanan yang tergolong langka, di karenakan Horok-horok umumnya hanya ditemukan di Jepara, Sulit bahkan tidak dapat ditemukan di luar Jepara. Horok-horok umumnya dimakan dengan Sate Kikil, soto, bakso, gulai, dan sayur pecel. Selain itu dapat juga dimakan dengan diberi santan dan sedikit gula pasir, seperti bubur.
Bahan pokok horok-horok adalah tepung yang terbuat dari pohon aren. Metode mengambilnya menggunakan sisir rambut. Bentuknya seperti busa styrofoam yang kenyal dengan rasa sedikit asin. Untuk memperoleh pohon aren, para perajin asal Jepara sampai berburu ke luar daerah, seperti ke Rembang, Pati dan Blora. Tepung aren ini, setelah dibersihkan, kemudian dikukus hingga matang dan setelah didinginkan, Horok-horok akan bertekstur kenyal.

 Pindang Serani
Pindang Serani adalah makanan khas dari Jepara berupa olahan dari ikan laut. Rasa pindang serani merupakan perpaduan rasa pedas, asem dan manis yang umumnya di sajikan pada siang hari. Meskipun namanya Pindah Serani tapi masakan ini bukanlah menggunakan Ikan Pindang melainkan menggunakan Ikan Bandeng, pindang hanyalah sebuah nama masakan.

 Sate kikil
Sate Kikil atau di kenal juga Sate Cecek adalah masakan khas Kota Jepara. Biasanya Sate Cecek ini untuk lauk makan Horok-Horok, Karena cita rasa Sate Cecek dengan Horok-Horok sangat cocok dimakan bersamaan begitu nikmat.

Madumongso
Madumongso adalah makanan ringan yang terbuat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Rasanya asam bercampur manis karena ketan hitam sebelumnya diolah dahulu menjadi tapai (melalui proses fermentasi). Setelah jadi kemudian diolah lagi dengan menambahkan gula, santan, dan beberapa buah nanas sebelum kemudian dimasak hingga menjadi seperti dodol/jenang. Madumongso biasanya dibungkus kertas minyak yang berwarna-warni

Es Dawet
Es Dawet adalah minuman khas dari kota Jepara. Es Dawet sangat nikmat di minum di siang hari. Es Dawet sangat mudah ditemukan di kota Jepara terutama di pasar tradisional di Jepara. Seiring perkembangan zaman, Es Dawet menyebar ke seluruh kota Mulai dari Kota semarang, Solo, Jakarta, Bandung, dan kota lainnya

Adon-Adon Coro
Adon-Adon Coro  atau sering disebut Jamu Adon-Adon Coro merupakan minuman tradisional khas kota Jepara, walaupun Adon-Adon Coro adalah jamu tapi tidak pahit tetapi malah enak rasanya yaitu pedas, hangat, dan nikmat. Pada sore dan malam hari penjaja minuman Adon-adon coro banyak kita jumpai di pelataran sekitar Shopping Centre Jepara (S.C.J) di sebelah utara Alun-alun Kota Jepara. Harganya cukup murah dan dijamin dapat menghangatkan badan. Adon-Adon Coro kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia maka artinya Ramuan-Ramuan Kecoa, tetapi sama sekali tidak ada kecoa di dalam minuman tersebut, melainkan adanya hanyalah ramuan rempah-rempah ditambah Jamu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar